Bagi penyuka flora Anda harus menyaksikan koleksi Daegu Arboratum, Korea Selatan yang terdiri dari tanaman langka dan unik. Manjakan mata Anda dengan aneka tumbuhan ciptaan Tuhan tersebut. 
Daegu adalah salah satu kawasan di Korea Selatan yang sangat memperhatikan keseimbangan ekosistem serta perkembangan kehidupan flora. Itu mengapa pemerintah setempat mendirikan Daegu Arboretum yang disiapkan sejak Mei 2002. Langkah ini mdrupakan bagian dari usaha memberikan kesadaran kepada masyarakat Daegu tentang betapa pentingnya hutan dan pelestarian alam.

Daegu Arboretum adalah rumah bagi aneka tumbuhan langka. Ada sekitar 1000 jenis herbal, tanaman dan pohon yang menjadi penghuni tempat ini. Uniknya, dulu kawasan seluas 230.000 meter persegi ini adalah tempat pembuangan sampah pada tahun 1986-1990 yang kemudian oleh pemerintah setempat diubah menjadi taman botani berisi tanaman-tanaman species unik.
 
Di Daegu Arboretum  kita bisa melihat taman dengan kaktus raksasa, tanaman obat, bunga liar baik yang langsung ditanam dalam tanah maupun yang berada di dalam pot. Ada berbagai jenis taman yang dapat kita nikmati disini seperti kebun tanaman liar, taman batu, taman hidroponik, taman pohon berdaun lebar, kebun tanaman aromatik dan masih banyak lagi. Selain itu, hutan di tengah kota ini juga dilengkapi dengan kolam dengan gemericik air yang menyejukkan. Tak heran jika taman ini lantas menjadi jujugan warga setempat dan wisatawan untuk piknik atau sekedar duduk bersantai menikmati alam. Yang paling menyenangkan saat mengunjungi Daegu Arboratum adalah keindahan bunga-bunga yang sedang mekar. Bunga-bunga itu sangat jarang kita temui di taman pada umumnya. Warnanya beraneka macam dan membentuk suasana indah di Daegu Arboretum. Itu sebabnya, banyak keluarga yang menghabiskan sore dengan bermain di taman dan tentu saja mengambil foto flora nan cantik itu.
 
Jam buka Daegu Arboratum berbeda-beda setiap musimnya. Pada bulan Maret-Mei dan September – Oktober buka sejak pukul 9 pagi hinggga 6 sore. Sedangkan pada Juni – Agustus, November – Februari akan tutup lebih awal yakni pukul 5 sore. Oya, setiap Senin Daegu Arboratum tutup.  Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menumpang subway jalur 1 menuju Daegok melalui pintu 2 atau 3. Sesampainya di Daegok, berjalanlah ke arah persimpangan besar, ambil belokan yang ke arah kiri. Ikutilah jalan tersebut hingga ada persimpangan lagi yang dilengkapi dengan penunjuk jalan menuju Daegu Arboratum dalam bahasa Inggris dan Korea.
Selain Daegu Arboratum, selama liburan disini kita bisa berkunjung keDonghwasaE-World dan Daegu Duryu Park. Beberapa hotel di Daegu yang bisa kita singgahi adalah Hotel Inter-BurqoNovotel Daegu City Centre Hoteldan Daegu Grand Hotel. Selamat menikmati Daegu!

Leave a Reply